Asyiknya Buka Bersama Setelah 17 Tahun

14 Jul 2014

Ramadhan bagi saya selalu lekat dengan kegiatan bernama bukber alias buka puasa bersama. Tiap tahun ada saja momen berkesan tiap kali berbuka bersama. Salah satu yang benar-benar membekas di hati adalah buka bersama di Ramadhan tahun 2013 lalu. Bagaimana tidak berkesan, kalau buka bersama itu terlaksana setelah 17 tahun lamanya lulus dari sekolah dasar?

Eh, gimana ceritanya, tuh?

Semua bermula dari keisengan saya. Saya memang harus bersyukur dengan kebiasaan saya berulah. #eh :P

Jadi begini ceritanya …. Kami adalah alumni SDN Candirejo tahun 1996. Setelah lulus, beberapa dari kami masih ada yang satu sekolah di SMP. Begitu beranjak SMA dan kuliah, komunikasi benar-benar nyaris putus, kecuali kami yang bertempat tinggal satu kampung. Untungnya ada facebook; beberapa dari kami tanpa sengaja terhubung berkat media sosial satu ini dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Itu memang menyenangkan, tapi tentu tidak bisa menggantikan rasa gembira seperti saat bertatap muka langsung. Ah, saya berangan. Kalau saja bisa bertemu, reunian, tentu ngobrol pun jadi asyik dan seru. Siapa tahu saya akan banyak mendengar kisah sukses dan bahagia. Bukankah itu menyenangkan?

Ya, harus saya akui: saya merindukan teman-teman yang sama-sama lulus 17 tahun lalu. Klimaksnya terjadi akhir Juli 2013. Kala itu saya tengah menggarap sebuah tulisan bertema dolanan anak. Maksud hati mengejar tenggat, eh … tak tahunya saya tersandung kesibukan redaksi. Di tengah perjuangan mengejar tenggat tulisan, lagi-lagi ingatan saya terulur jauuh sekali ke masa-masa SD. Belajar kelompok, latihan menari, main ke sungai, …. Oh, God … saya merindukan mereka. Maka, saya tuliskan kerinduan itu di status di facebook, ditambah dengan menge-tag sekitar 15-an orang teman seangkatan jaman SD. Ya, alumni 1996.

Iseng saja, awalnya. But, who knows?! Beberapa jam saya tinggal offline, status itu penuh dengan obrolan soal reuni. What? Setengah kaget saya membaca satu demi satu respons teman-teman. Mereka ingin kami bisa berjumpa segera. Jadi, saya berhasil menjadi seorang provokator?

Saya bingung. Saya hanya bisa bengong. Mau bagaimana coba? Keisengan saya rupanya ditanggapi serius oleh teman-teman. Bahkan, satu di antara mereka menyebut saya adalah pihak yang harus bertanggung jawab karena membuat mereka kangen satu sama lain. *duuh! *tepokjidat

No way out! Saya terjebak oleh ulah saya sendiri. Namun, itu tak membuat saya kurang akal. Segera saja saya bagi tugas ke teman-teman. Novi, Andhik, Marjono, dan Mustofa saya minta bantuan mereka untuk menjadi humas. Tugas mereka mengkoordinir teman-teman yang berada satu kampung dengan mereka. Maklumlah, meski dulunya SD kami itu berstatus inpres, siswa yang bersekolah di situ berasal dari beberapa kampung yang jaraknya berjauhan.

Sementara para humas bekerja, saya mengurus booking tempat sekaligus undangan. Susah-susah gampang mencari tempat yang pas dengan keinginan teman-teman. Ada yang maunya di tempat A, tapi yang lain bilang menunya kurang enak. Ada yang maunya di B, tapi di sana hectic, kurang pas buat buka bersama. Ckckck… Belum lagi tempat disepakati, waktu sudah bergulir menuju sepekan sebelum Idul Fitri. Aduh, sie booking tempat jadi tambah rempong, deh! :(

Akhirnya, disepakatilah acara buka bersama plus temu kangen dadakan pada tanggal 5 Agustus 2013 di Warung Steak & Shake, Jl. Kaliurang km 14. Mau rada hectic, ya biar … daripada rencana gagal. :P :lol:

jadi juga buka bersama setelah 17 tahun

jadi juga buka bersama setelah 17 tahun (foto oleh Mustofa)

Dari 15 orang yang saya undang, ada 11 orang yang datang di acara buka bersama plus plus sore itu. Tidak ada hal-hal yang cukup serius dibicarakan di acara ini. Kami ngobrol santai dan bertukar no. ponsel, pin BB, WA, dsb. Meski tak ada yang serius, kami semua senang bisa temu kangen, terutama saya. Ada rasa gembira yang menjalar di sekujur tubuh saat teman-teman menyampaikan terima kasih karena ulah iseng saya. Ah, jangan begitu … saya jadi malu. :oops:

Ya, betapapun acara mendadak buka bersama itu sudah berlalu setahun lamanya, kenangan itu selau saya ingat. Semoga Ramadhan tahun ini kami diberi kesempatan kembali untuk menyambung silaturahmi tersebut. Aamiin.


TAGS buka bersama reuni dadakan Ramadhan 2013 silaturahmi alumni 1996 SD Candirejo #ngaBLOGburit


-

Author

perempuan angin | redaktur jurnal | march equinox | freelance tutoress | Ezy's riding mate

Follow Me