Madu, Semanis Manfaatnya bagi Ibu Hamil

14 Jan 2014

Siapa yang tak kenal madu? Cairan kental yang dihasilkan oleh serangga jenis lebah ini telah dikenal manfaatnya dalam bidang kesehatan jauh sebelum peradaban modern berkembang. Kandungan madu yang sarat manfaat dapat dinikmati oleh manusia di hampir segala usia, termasuk ibu hamil.

Eits, tumben saya membahas yang beginian. Hehe, iya, meski saya masih lajang, bukan berarti berhenti bersiap menjadi ibu kan? Lanjuut! :mrgreen:

honey_1680x1050credit

Salah satu kandungan madu adalah asam folat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan janin. Asam folat diketahui mampu mencegah bayi menderita cacat bawaan saraf. Dengan kata lain, madu membantu perkembangan sel-sel saraf janin sejak di dalam rahim.

Saat ibu hamil mengalami influenza, tidak diperkenankan mengkonsumsi obat-obatan tanpa petunjuk dokter. Madu dan buah-buahan dengan kandungan vitamin C tinggi dapat digunakan sebagai pengganti obat flu. Dengan manfaat madu sebagai peningkat stamina, tubuh akan melancarkan pertahanan terhadap virus penyebab flu.

Madu juga dapat meringankan mual pada trimester pertama (sering pula disebut morning sickness). Madu dengan rasanya yang manis dan aromanya yang khas dapat memperbaiki nafsu makan. Ibu hamil tentu memerlukan cukup nutrisi untuk menghidupi janin dan dirinya sendiri. Rasa mual dan eneg akibat pengaruh morning sickness akan dapat diminimalkan dengan mengkonsumsi madu.

Berbeda dengan trimester pertama, pada bulan-bulan terakhir kehamilan ibu hamil biasanya akan merasakan panas di bagian perut. Hal ini disebabkan oleh kemungkinan pelunakan sphincter (semacam membran yang terletak di antara kerongkongan dan lambung, red.) akibat disekresikannya beberapa hormon selama masa kehamilan. Biasanya sensasi yang juga disebut heartburn ini terjadi saat bayi mulai bergerak aktif sehingga mendorong beberapa organ dalam rongga perut ibu ke atas.

Pada saat menjelang persalinan, kandungan prostaglandin pada madu mampu mempermudah proses persalinan karena zat ini mampu memacu kontraksi leher rahim untuk melebar.

Demikian “manis”-nya manfaat madu dalam bidang kesehatan semanis rasanya. Jadi.. Ibu, sudahkah Anda minum madu hari ini? ;)

Saya sudah! *lhoo! :lol:


TAGS madu kehamilan ibu hamil manfaat madu


-

Author

perempuan angin | redaktur jurnal | march equinox | freelance tutoress | Ezy's riding mate

Follow Me