Menyimpan Obat di Rumah?

9 Jan 2014

Sebagai manusia yang memiliki beragam aktivitas, kita tentu tidak selamanya berada dalam kondisi fit dan sehat. Sangat wajar bila sesekali mengalami sakit atau terluka. Keberadaan obat di rumah sebagai salah satu upaya pertolongan pertama sebelum mendapat penanganan medis tentunya sangat membantu. Namun, pernahkah terpikir mengoreksi cara penyimpanan obat di rumah selama ini? Sudahkah sesuai prosedur dan aturan? Belajar dari banyaknya pengalaman tentang kekeliruan penyimpanan obat, mari kita menyediakan waktu menengok kembali tempat penyimpanan/kotak obat.

kotak-obatcredit

Seperti apa sih menyimpan obat yang benar?

Pertama sekali yang perlu dilakukan sebelum menyimpan obat adalah memperhatikan kebersihan kotak simpan itu sendiri. Obat sebaiknya disimpan pada tempat yang bersih, kering, sejuk, terlindung dari pancaran sinar matahari langsung. Pengaturan kondisi ruang simpan ini berkaitan dengan kualitas obat. Kita tentu tidak ingin obat menurun kualitasnya atau bahkan menjadi rusak karena kurang cermatnya penyimpanan. Beberapa jenis obat dianjurkan untuk disimpan di dalam lemari pendingin, maka sesuaikan dengan aturan penyimpanannya.

Kedua, atur posisi kotak obat. Kita perlu mewaspadai anak-anak yang selalu ingin tahu. Taruhlah kotak obat di tempat yang lebih tinggi, di luar jangkauan mereka.

Ketiga, pisahkan jenis obat luar dan obat dalam/untuk diminum. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kontaminasi zat antara satu dengan lainnya. Kalau memang diperlukan sediakan dua kotak; satu untuk obat luar, yang lain untuk obat dalam.

Keempat, hindari mencampur obat, misal tablet dengan kapsul dalam satu wadah, bahkan untuk alasan menghemat tempat. Selalu simpan obat di dalam kemasan aslinya, hindari membuka kemasan obat bila tidak diperlukan.

Kelima, selalu periksa tanggal kadaluwarsa obat. Hindari mempergunakan sediaan obat yang telah kadaluwarsa. Begitu mendapati obat kadaluwarsa segera musnahkan.

Semoga dengan mencermati hal-hal kecil ini, kita semakin mengerti pentingnya menyimpan obat secara benar. Karena dengan menyimpan obat dengan benar berarti menjamin sebagian proses penyembuhan berlangsung dengan semestinya. Semoga tulisan ringkas ini bermanfaat. :)


TAGS obat penyimpanan obat kotak obat simpan obat di rumah tips menyimpan obat


-

Author

perempuan angin | redaktur jurnal | march equinox | freelance tutoress | Ezy's riding mate

Follow Me